Selasa, 16 Januari 2018

Kemampuan Honda CRF 150L di Jalur Offfroad Licin Diluar Dugaan


Kemampuan Honda CRF150L dalam melibas jalur offroad yang licin itu diluar dugaan IDB. Dengan power mesin standar yang tidak terlalu istimewa, yang setara dengan Kawasaki KLX 150 BF itu awalnya IDB ragu dengan kemampuan CRF150L untuk melahap jalur offroad yang licin.

Tetapi ketika IDB dan tim CHEELA sudah beberapa kali melakukan offroad ke jalur pegunungan dan hutan yang licin, IDB terkejut denga kemampua n CRF150L yang dibandrol sehaga Rp 32 jutaan in. Ternyata CRF 150L mampu melibas jalur offroad yang licin itu dengan baik.


Dalam  liingkaran IDB dan tim CHEELA ada empat rider yang menunggangi CRF150L. Semua rider itu memang bukanlah pemula tetapi sudah kenyang dengan bau tanah medan offroad .


Jalur offroad yang kami lalui itu dikenal dengan jalur super licin dikala musim hujan. Jalur itu adalah jalur Gunung Kawi, Gunung Arjuna, Gunung mujur dan Pujon. Di jalur-jalur single track, ngeril dan licin itu rider yang naik CRF150L relatif mampu melewatinya bersama sahabat lain yang naik Husqvarna FE 250 dan Husaberg TE 250.

Spesifikasi Honda CRF 150L yang dinaiki IDB dan tim  CHEELA kebanyakan sama, yaitu hanya ganti knalpot model free flow, ganti ban tipe offroad dan gir depan ukuran 13T. Knalpot yang kami pakai merek 3Two dan ProSpeed. Kedua knapot ini beda harga, yang 3Two seharga Rp 700 ribu plus header dan ProSpeed seharga Rp 2 jutaan. Sedangkan sektor mesin masih tetap standar pabrikan.


Semburan tenaga CRF 150L yang smooth itu justru memberi keuntungan di jalur offroad yang licin. Roda belakang tidak mudah spin. Dengan memainkan ritme bukaan gas yang tepat itu CRF 150L mumpuni melibas jalur offroad yang licin.

Mesinnya juga tangguh. Digeber dengan bukaan gas dalam di jalur yang licin itu tidak ada gejala mesin overheat. Dengan ditunjang suspensi yang nyaman, itu CRF 150L memang jadi mainan yang menyenangkan untuk offroad di akhir pekan. (IDB)

link terkait: