Minggu, 03 Desember 2017

Review Ban Corsa MT Cross-R

Ban menjadi salah satu piranti yang paling penting dalam dunia offroad motor. Power mesin yang mumpuni dan suspensi yang mantap tidak akan banyak berarti di jalur offroad ketika pemilihan bannya kurang tepat.

Di pasaran semakin banyak pilihan ban tipe offroad, mulai dari harga Rp 300 ribuan hingga diatas Rp 1,5 juta. Beragam merk juga bersaing merebut hati offroader, mulai buatan dalam negeri hingga impor.

Salah satu ban lokal yang beredar dan banyak ditanyakan ke IDB kualitasnya adalah merek Corsa. Memenuhi permintaan pembacanya, IDB akhirnya memasang ban Corsa tipe MT Cross-R ukuran 18-110/100 di Honda CRF150L.

Profil kembangan Corsa MT Cross-R terlihat keren, mirip Dunlop tipe Geomax. Ban yang dijual seharga Rp 400 ribuan ini diuji coba IDB di jalur offroad, mulai pasir, lumpur hingga tanah licin.

Ban Corsa ini enak ketika dipakai di pasir. Ban bisa mencengkeram cukup bagus. Di jalanan berbatupun ban ini masih nyaman dipakai.

Namun ceritanya akan lain ketika mulai masuk ke jalur tanah padas yang licin. Ban tidak mencengkeram dengan baik. Bahkan IDB dalam event yang offroad bersama Wade Young itu sempat terjatuh gara-gara ban tidak menggigit kuat di jalur licin.

Baru ketika tekanan angin dikempesi hingga 10 psi, ban bisa mencengkeram lebh baik di tanah licin. Tetapi tekanan angin 10 psi ini rawan terjadinya kebocoran ban dalam ketika melintas jalur berbatu. Idealnya tekanan ban untuk offroad itu antara 14 hingga 15 psi.

Mengenai keawetan ban Corsa MT Cross-R ini IDB belum bisa bercerita banyak karena membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengetahuinya. Yang jelas ban ini enak untuk dipakai di jalur kering dan berpasir, tetapi kurang mempunyai daya cengkeram yang baik di jalur licin, terutama di jalur tanah padas yang basah. Kalau jalurnya berlumpur ban ini masih mumpuni, apalagi harganya relatif murah (IDB)