Senin, 26 November 2012

Jadwal Power Cross 2012, Semuanya di Jatim


Setelah ditunggu-tunggu, akhirnya jadwal pasti Surya Power Cross International Championship(SPCIC) 2012 nongol juga. Kejuaraan power cross yang mirip supercross di Amrik sana itu kali ini hanya akan diadakan sebanyak 3 seri, semuanya di Jawa Timur. Seri pertama akan digelar di stadion Diponegoro Banyuwangi pada tanggal 1-2 Desember 2012, seri kedua di Kediri pada tanggal 8-9 Desember 2012 dan seri ketiga akan diadakan di Malang pada tanggal 15-16 Desember 2012.

Seperti tahun-tahun sebelumnya Power Cross 2012 ini juga akan diikuri crosser asing seperti Jerney IRT dari Slovenia dan Lewis Stewart (Australia). Pembalap nasional papan atas juga akan terjun di powercross yang kabarnya berhadiah total Rp 90 juta itu, antara lain Farhan Hendro, Andre Sondakh , Aep Dadang, Denny Orlando, dan Aldy Lazaroni. Semoga pembalap tanah air bisa unjuk gigi di ajang ini.

Kabar yang menggembirakan untuk penonton adalah kali ini Power Cross akan diadakan di siang hari, tidak lagi di malam hari seperti tahun-tahun sebelumnya. IDB pernah mengkritisi pelaksanaan Power Cross di malam hari yang minim penerangan, sehingga menggangu kenyamanan penonton. Syukurlah kini Power Cross akan diadakan siang hari, pasti akan lebih nyaman dan enak ditonton. Ayo nonton Power Cross 2012!

Kamis, 22 November 2012

Graham Jarvis, Dinobatkan Jadi Raja Enduro Ekstrim 2012!


Graham Jarvis dengan tunggangannya Husaberg TE 300 merajai berbagai kejuaraan enduro ekstrim kelas dunia di tahun 2012. Dominasi Graham dengan motor 2 taknya itu membuat dia dinobatkan sebagai Kings of Extreme Enduro oleh KoEE yang punya situs http://www.kingsofextremeenduro.com. KoEE menyusun daftar rangking pembalap enduro berdasarkan pencapaian pembalap tersebut di 7 balapan enduro paling ekstrim di planet bumi ini.

Ketujuh balapan enduro ekstrim yang dinilai itu adalah:
1. Tough One (UK), Jan. 15
2. Hell’s Gate (Italia), Feb. 18
3. Erzbergrodeo (Austria), Jun. 7-10
4. Red Bull Romaniacs (Romania), Jun. 12-17
5. Red Bull Sea to Sky (Turki), ?
6. Extreme Lagares (Portugal), Oct. 7
7. Roof of Africa (LSO)

Penilaian dilakukan dengan cara sederhana yaitu di setiap event itu pembalap yang masuk finish posisi pertama akan diganjar nilai 20 poin, posisi kedua 17 poin, ketiga 15 poin, keempat 13 poin, kelima 11 poin, dan seterusnya. Jumlah poin akan ditotal, sehingga akan muncul mana poin yang tertinggi. Peraih poin tertinggi berhak menyandang gelar Kings of Extreme Enduro dan mendapatkan hadiah uang tunai yang berasal dari donatur.

Dengan absennya Taddy Blazusiak di kejuaraan enduro ekstrim tahun ini, Graham Jarvis tidak terbendung lagi untuk mendapatkan mahkota raja enduro ekstrim. Saat ini Taddy Blazusiak lebih kosentrasi di kejuaraan Endurocross dengan hasil yang gemilang juga.

Daftar lima besar pembalap yang masuk dalam daftar Kings of Extreme Enduro 2012 adalah:
1. Graham Jarvis (Husaberg, UK)
2. Jonny Walker (KTM, UK)
3. Ben Hemingway (KTM, UK)
4. Xavi Galindo (Husaberg, Spanyol)
5. Dougie Lampkin (GasGas, UK)

Menyimak daftar pembalap yang masuk deretan papan atas Kings of Extreme Enduro terlihat bahwa kebanyakan pembalap masih memakai motor mesin 2 tak. Ini sekali lagi membuktikan bahwa motor enduro 2 tak masih menjadi raja di kejuaraan ekstrim enduro! Selamat! (IDB)

Selasa, 20 November 2012

Apa Beda KTM tipe EXC, XC, XCW dan SX?


Populasi motor trail dari pabrikan KTM yang bercirikan warna orange itu semakin banyak di Indonesia, apalagi dealer resmi KTM mulai bermunculan di beberapa kota. Ini sangat positif untuk konsumen, apalagi KTM yang asal Austria itu dikenal sebagai produsen motor offroad kelas premium. Dengan slogannya “ready to Race” membuat KTM berada di barisan terdepan di berbagai kejuaraan enduro kelas dunia. Soal kualitas, motor keluaran KTM tidak perlu diragukan lagi, super mantap bro!

Motor KTM menjadi idaman banyak penggila offroad motor trail. Namun ketika niat (dan duit) untuk membeli sudah ada, giliran bingung menentukan pilihan mau beli KTM yang tipe apa, soalnya ternyata tipe motor trail KTM itu banyak sekali. Ada tipe EXC, XC, XCW, SX dan juga edisi six days. Bedanya apa ya? Soalnya banyak yang masih awam, bila salah pilih dalam membelinya, maka jadi berabe urusannya ketika dipakai di medan offroad. Makanya terus simak tulisan sederhana ini untuk membantu bro dan sister memahami beragam jenis tipe KTM untuk varian offroad-nya.


Yang pertama perlu diketahui, kalau tipe motor KTM itu ada huruf “F” itu berarti motor 4 tak, huruf F artinya adalah four strokes. Sekarang kita mulai dari tipe SX yaitu tipe untuk kompetisi di sirkuit motocross. Tipe SX dirancang untuk di sirkuit, tidak untuk main offroad enduro. Dipakai enduro juga bisa sih, Cuma hanya untuk yang skill-nya mumpuni karena karakter mesin dan suspensinya dirancang untuk speed offroad di jalur terbatas. Jadi untuk pemula atau penghobby itu tidak disarankan memakai tipe SX untuk offroad.

Ciri umum KTM tipe SX:
• Suspensi lebih keras
• Close ratio gearbox atau rasio girbok-nya itu rapat atau pendek-pendek karena untuk di sirkuit dan mengejar akselerasi bawah
• Tidak dilengkapi dengan lampu
• Tidak ada jagrak alias standar samping
• Ban belakang ukuran 19 dan depan 21
• Tengki bensin ukurannya lebih kecil
• Electirc starter

KTM tipe SX yang kini beredar itu tipe 85 SX, 125 SX, 250 SXF, 350 SXF, 450 SXF, 125 SX dan 250 SX, Ingat kalau ada huruf “F” nya itu berarti motor 4 tak, kalau tidak ada berarti motor 2 tak. Untuk tipe cros yang ada di Indonesia kebanyakan yang 250 SXF.

Untuk tipe enduro yang banyak beredar di tanah air itu tipe EXC. Tipe EXC ini murni tipe enduro, jadi nyaman dipakai untuk offroad atau juga on road. Tipe EXC ini kalau di USA setara dengan tipe XCW, Bedanya kalau tipe XCW itu tidak dilengkapi dengan kaca spion dan lampu sein. Mesin, rangka suspensi, dan transmisi itu antara tipe EXC dan XCW boleh dibilang sama persis. Paling beda di setting pengapian dan injektor-nya.

Karena dilengkapi dengan lampu, kaca spion dan lampu sein, maka KTM tipe EXC itu bisa dipakai di jalanan raya, tentu saja jika ada suratnya. Intinya tipe EXC itu dirancang untuk legal road.

Ciri umum KTM tipe EXC:
• Suspensi lembut, cocok untuk offroad dan adventure
• Wide ratio gearbox atau rasio girbok-nya itu lebar/luas, cocok untuk offroad
• Dilengkapi dengan lampu
• Ada jagrak alias standar samping
• Ban belakang ukuran 18 dan depan 21
• Tengki bensin ukurannya lebih besar dibanding tipe cross
• Electirc dan kick starter

KTM tipe EXC dan XCW itu antara lain 200 EXC, 250 EXC, 250 EXCF, 300 EXC, 350 EXCF,dan 450 EXCF. Kalau di USA itu tipenya 200 XCW, 250 XCW, 250 XCWF, 300 XCW, 350 XCWF dan 450 XCWF. Ingat kalau ada huruf F berarti itu motor yang mengusung mesin 4 tak.

Apa itu tipe XC?

Tipe XC yang beredar di US itu bisa dibilang penggabungan antara tipe cross (SX) dan tipe enduo (EXC). Tipe XC dirancang untuk kejuaraan cross country yang popular di USA. Kejuaraan cross country ini menggabungkan jalur offroad/enduro dan cross, dituntut untuk speed offroad terus. Beberapa bilang bahwa tipe XC ini adalah tipe kompetisinya enduro.

Tipe XC memakai suspensi depan tipe close cartridge yang dirancang untuk speed offroad, semakin kencang bawa motornya maka akan semakin terasa enak suspensinya. Kalau bawa motornya lambat, cenderung tidak bisa merasakan “nikmatnya” suspensi tipe close yang ditancapkan di XC. Transmisi girboxnya adalah semi close ratio, jadi berada di tengah-tengah antara tipe cross dan enduro.

Ciri umum tipe XC:
• Suspensi lebih keras dibandingkan tipe EXC, tetapi lebih lembut dibanding tipe SX, jadi berada di tengah-tengah. Suspensi depan (fork) pakai tipe close cartridge yang dirancang untuk kompetisi enduro.
Semi close ratio gearbox
• Dari pabrikan, tidak dilengkapi dengan lampu, namun bisa dipasangi lampu
• Ada jagrak alias standar samping
• Ban belakang ukuran 18 dan depan 21
• Tengki bensin lebih besar dibanding tipe SX
• Electric dan kick starter

KTM tipe XC antara lain 105 XC, 150 XC, 250 XC, 250 XCF, 300 XC, 350 XCF dan 450 XCF.


Selain tipe EXC, XC dan SX, ada varian lain yaitu KTM six days. Secara umum varian Six Days itu sama persis dengan tipe EXC, hanya saja ada beberapa penambahan misalnya dilengkapi dengan pelindung knalpot (untuk yang 2tak), pelindung mesin, dan di beberapa tipe itu knalpotnya versi racing. Yang jelas pembeda utama tipe Six Days itu biasanya bajunya (plastik covernya) itu berwarna putih dengan logo atau tulisan Six Days. Six Days sendiri itu adalah nama dari kejuaraan enduro selama 6 hari yang diselenggarakan di Eropa.

Mau pilih KTM tipe apa?

Semua produk KTM itu bagus, sudah teruji di berbagai kejuaraan enduro dan motocross dunia. Tinggal kini disesuaikan dengan peruntukan dan skill anda. Jika untuk motocross atau supercross, jelas pilihannya akan jatuh ke tipe SX. Kalau untuk offroad/enduro atau main ke hutan, maka pilihannya adalah tipe EXC, XCW atau varian Six Days. Tipe-tipe ini sudah dilengkapi dengan lampu dan transmisi yang pas untuk offroad.

Kalau anda cari motor enduro yang juga bisa dipakai untuk latihan ringan di sirkuit motocross, maka pilihan yang pas adalah tipe XC. Tipe XC juga cocok untuk gaya riding anda yang agresif, kalau gayanya melow sih mending tidak pakai tipe XC. Suspensi tipe XC yang lebih keras dibanding tipe EXC akan membuat anda lebih cepat capek kalau fisiknya tidak kuat dan membawa motornya lambat. Tipe XC dirancang untuk speed offroad dan pengendara agresif!

Udah jelas bro dan Sist? Kalau udah jelas, selamat memilih motor KTM idaman anda!

PERHATIAN!
Uji coba setiap produk yang dilakukan oleh tim IDB sama sekali tidak ada hubungan dengan promosi atau marketing produk tertentu. Semuanya murni dilakukan dari sudut pandang konsumen/pengguna secara obyektif. (Indonesian Dirt Bike/IDB)