Senin, 23 April 2012

TIPS MEMBERSIHKAN BUSA FILTER UDARA TRAIL ENDURO/SE

Busa filter udara adalah komponen yang sangat vital di motor trail, baik itu tipe enduro ataupun tipe cross yang di Indonesia sering disebut motor SE (special engine). Filter udara ini berfungsi mencegah debu atau kotoran masuk ke dalam carburator atau sistem injeksi. Apalagi jika motor dipakai offroad di jalur berdebu. Akan sangat bahaya sekali jika debu atau tanah sampai masuk ke dalam karburator, karena motor akan ‘mbrebet’ atau bahkan mati. Ujung-ujungnya bisa merembet ke kerusakan mesin!


Motor trail yang dipakai offroad wajib memasang filter udara, jangan sampai dilepas. Filter udara yang kebanyakan berbahan busa itu juga wajib dibersihkan secara rutin, sehingga pasokan udara bisa lancar. Setiap selesai offroad, busa filter udara ini harus dibersihkan, jangan dibiarkan kotor. Nah, bagaimana cara membersihkan busa filter udara yang benar dan bikin awet busanya? Baca terus artikel ini bro!

Pertama yang perlu dipersiapkan adalah bahannya yaitu solar, air bersih dan shampoo mobil. Jangan membersihkan busa filter udara dengan bensin, karena ini akan membuat busa filter udara cepat aus. Juga jangan pakai detergen, karena tingkatan keasaman atau kebasaannya itu terlalu tinggi yang menyebabkan cepat rusaknya busa. Shampoo mobil bagus karena PH-nya (tingkat keasaman) itu pada tingkat yang tidak merusak.

Tahapan membersihkan busa filter udara sebagai berikut:

1. Lepas busa filter udara dari motor anda

2. Cuci busa dengan solar, kemudian peras namun jangan dipelintir

3. Setelah itu segera dimasukan dalam kaleng yang berisi air yang telah dicampur dengan shampoo mobil. Peras busa, tetapi jangan dipelintir. Dijamin busa akan bersih kembali.

4. Celupkan ke dalam air bersih

5. Bilas di air bersih yang mengalir

6. Peras airnya, tetapi sekali lagi jangan dipelintir karena bisa mempercepat rusaknya busa

7. Jemur busa, namun jangan terkena sinar matahari secara langsung

8. Jika sudah kering, sebelum dipasang kembali ke tempatnya, lapisi dulu busa bagian luarnya dengan oli khusus untuk busa filter.

Selamat mencoba dan setelah itu motor anda siap digeber lagi di medan offroad!