Jumat, 14 Oktober 2011

UJI COBA KTM 250 XCW TAHUN 2011 DI MEDAN OFFROAD





KTM 250 XCW tidaklah terlalu banyak populasinya di Indonesia, beda dengan ‘adiknya’ yaitu KTM 200 EXC. KTM 200 EXC sejak tahun 1990-an menjadi salah satu favorit penggemar offroad trail di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Bobot motor yang ringan, handling mudah, power dahsyat dan perawatan yang mudah, membuat KTM 200 yang mengusung mesin 2 tak itu menjadi pilihan utama bagi banyak penggila offroad motor trail.

Nah bagaimana dengan KTM 250 (2 tak), apakah performanya juga mantap seperti adiknya KTM 200? Beruntung tim CHEELA bisa mencoba KTM 250 XCW yang banyak dipakai oleh pembalap top di berbagai kejuaraan enduro ekstrim dunia. Tim uji coba adalah RK dan DW, dua orang yang sudah banyak makan asam garam dunia offroad motor trail. RK dan DW sudah biasa memakai berbagai tipe motor trail baik tipe enduro maupun MX, mulai dari 125 cc hingga 450cc.

KTM 250 XCW yang diuji coba adalah keluaran tahun 2011 yang masih fresh alias baru. Uji cobanya tidak dilakukan di sirkuit, namun langsung di medan offroad dengan berbagai tipe jalur yaitu single track, pegunungan, hutan, tanjakan ekstrim, turunan, pasir, jalan berbatu hingga sungai. Motor yang baru keluar dari pabrik itu langsung dijajal di jalur offroad, sekaligus untuk menguji slogan KTM ‘ready to race’.

Begitu kami menaiki KTM 250 XCW, tersasa motor ini lebih tinggi sedikit dari KTM 200 tahun 2010. RK yang punya tinggi badan 173 cm harus jinjit kakinya ketika nangkring di atas jok motor. Begitu tombol electric starter dipencet, motor langsung berbunyi renyah “ding, ding, ding…”, khas motor 2 tak. Ya jangan kaget, meskipun KTM 250 XCW adalah motor 2 tak, namun sudah dilengkapi dengan electric starter, selain juga kick starter. Wow pasti menyenangkan, motor enduro 2 tak namun dilengkapi dengan electric starter!

Ketika gas motor ditarik, wow motornya terasa ringan sekali dengan power yang mantap! Menaiki KTM 250 XCW serasa memakai motor yang sudah lama dipakai, cepat sekali adaptasi dengan motor ini, tanpa terasa kikuk. Power motor besar, namun tidak liar, smooth dan mudah diprediksi. Power model seperti ini akan sangat membantu di jalur single track.

Handling motornya…..hemmm sangat luar biasa enak! KTM 250 XCW sangat mantap untuk diajak menikung, rebah di tikungan tajam, dan melibas jalur single track. Bobot motor yang ringan dipadu dengan power mesin yang dahsyat, membuat KTM 250 XCW menjadi monster di jalur single track atau jalur sempit di tengah hutan! Dibandingkan KTM 450 EXC (4 tak), menaiki KTM 250 XCW di jalur single track itu serasa naik sepeda mountain bike, ringan sekali bro! Motornya sangat lincah dan tangguh untuk menerjang medan offroad!

DW yang biasa naik Kawasaki KXF 250 mecoba mencicipi KTM 250 XCW di jalur offroad di Gunung Putuk Gede. Motor digeber habis, seperti DW biasa membawa KXF 250. DW pun melesat, meliuk-liuk dan menekuk stang KTM 250 XCW itu dengan lihai. Begitu selesai uji coba, DW berujar, “wah dahsyat sekali motornya, handling ringan dan tenaganya ngisi terus!”

Dibandingkan KTM 200, KTM 250 XCW itu terasa lebih stabil di speed offroad. Jika di KTM 200 sering terasa ban belakang “menari-nari” ketika gas dibetot kencang di jalur offroad, tidaklah demikian dengan KTM 250 XCW. Meskipun beda kapasitas mesin hanya 50cc, namun sangat terasa sekali kalau power KTM 250 XCW lebih stabil dan besar. Jika di tikungan tajam, KTM 200 kadang-kadang harus mengurangi gigi untuk mengejar traksi, namun untuk KTM 250 XCW tidaklah perlu sampai mengurangi gigi.

Untuk sektor suspensi dan pengereman, KTM masih yang terbaik. Demikian juga suspensi di KTM 250 XCW yang bekerja sangat baik di jalur offroad maupun jalan mulus. Diajak untuk jumping ringan dan melibas jalan berbatu, juga tidak masalah.

Adanya electric starter di KTM 250 XCW, benar-benar nilai plus, terutama ketika dipakai di jalur ekstrim. Sebetulnya tanpai pakai electric starter-pun, KTM 250 XCW sangat mudah dihidupkan dengan ‘pancalan’ kaki. Sekali tendang, biasanya langsung hidup, “greng..ding, ding, ding….”.

Setelah uji coba di 3 jalur offroad yang berbeda dengan total jarak tempuh sekitar 200 km, kami sampai pada sebuah kesimpulan bahwa KTM 250 XCW adalah senjata yang sangat ampuh untuk melibas medan offroad! Apalagi jika dipakai di jalur single track atau sempit, KTM 250 XCW (dan KTM 200) akan menjadi monster di tangan pengendara yang tepat! KTM 250 XCW menjadi plihan bagi penggemar offroad motor trail yang mencari motor ringan, power dahsyat dan perawatan yang lebih mudah dibandingkan motor 4 tak.

Kami menjadi paham kenapa majalah DIRT RIDER terbitan USA mengatakan dalam review-nya tentang KTM 250 XCW tahun 2011, mereka mengatakan, “sangat sulit mencari offroader sejati yang tidak menyukai KTM 250 XCW”. Majalah DIRT RIDER dan juga majalah DIRT BIKE mengatakan bahwa KTM 250 XCW bersama KTM 300 XCW adalah the best dirt bike. Kamipun langsung jatuh cinta begitu mencoba KTM 250 XCW ini, dan mungkin kami akan sulit berpindah ke lain hati.

Tunggu uji coba tim CHEELA berikutnya, KTM 250 XCW versus KTM 350 XCW-F!

Kelebihan KTM 250 XCW:

  • Motor ringan
  • Handling enak, apalagi di jalur single track
  • Electric starter (ditunjang juga dengan kick starter)
  • Perawatan lebih mudah dan murah dibandingkan motor 4 tak

Kekurangan KTM 250 XCW:

  • Dari pabrikan tidak dilengkapi dengan lampu (namun bisa dipasang, karena sudah ada kabel dan colokannya)
  • Harus mencampur oli dengan bensin