Senin, 10 Januari 2011

DUA TAHUN BERSAMA HONDA CRF 150F




Ada banyak pilihan motor trail bagi penggemar trail adventure atau offroad di Indonesia. Beberapa motor sudah dibuat di dalam negeri sehingga harganya bisa ditekan, misalnya Suzuki TS 125 dan Kawasaki KLX 150. Sayangnya TS 125 sudah dihentikan produknya sejak tahun 2005. Saat ini KLX 150 menjadi pilihan utama bagi penggemar trail di Indonesia, karena selain harganya relatif terjangkau (sekitar Rp 22 juta), ketinggian motornya juga relatif pas untuk rata-rata ukuran orang Indonesia.

Kalau di internasional, KLX 150 itu aslinya adalah KLX 140 yang tipe offfroad murni (tanpa lampu dan tanpa surat). Nah pesaing dari KLX 140 itu adalah Honda CRF 150F. Sayangnya CRF 150F tidak dimasukan ke Indonesia oleh ATPM, jadi masih lewat importir umum.

Made Astuti, perempuan penggemar offfroad motor trail dari komunitas CHEELA, dalam dua tahun terakhir ini setia ditemani oleh CRF 150F dalam ber-offroad ria. Made Astuti sebelum menunggangi CRF 150F dia terbiasa naik TS 125 dan Honda CR 85 tipe kompetisi. Selain itu Made yang sudah mempunyai 2 orang anak itu juga memakai KLX 150.

Pengalaman Made Astuti memakai CRF 150F keluaran tahun 2009 itu pada sebuah kesimpulan bahwa CRF 150F adalah motor yang tangguh dan enak untuk dipakai offfroad. Bobot motor yang jauh lebih ringan dibandingkan dengan KLX 150 memberikan nilai plus bagi Made ketika dia terjungkal, karena dia dengan mudah masih bisa mendirikan motornya tanpa bantuan orang lain. Namun ketika dia memakai KLX 150, dipastikan dia akan kesulitan untuk mendirikan motor jika dia terjatuh.

Handling CRF 150F juga enak dan ringan. Tenaga motor juga diatas KLX 150F standar. Material CRF 150 juga kuat, karena pelk sudah berbahan alloy yang tahan banting dan tengki sudah berbahan plastik seperti yang dipakai di motor SE tipe kompetisi. Satu lagi kelebihan CRF 150F adalah motor warna merah ini sudah dilengkapi electric starter, jadi tinggal pencet “grenggg”, motor sudah melaju. Meskipun bawaan pabrik motor ini belum dilengkapi dengan lampu, namun motor bisa diberi lampu tanpa merubah apapun. Tinggal menyambung kabelnya saja. Di CRF 150F punya Made, lampu dipercayakan kepada produk acerbis asli Italy yang dikenal handal untuk offroad.

CRF 150F enak untuk diajak terbang yang tidak terlalu tinggi. Melibas gundukan tanah setinggi 1 meter bukan menjadi masalah berarti. Motor bisa jatuh dengan enak, tanpa ada gejala roda “oleng”. Sementara jika Made memakai KLX 150F ada gejala roda terasa “oleng’ jika diajak melibas gundukan tanah.

Meterial plastic body CRF 150F juga terbilang kuat. Beberapa kali motor Made terjungkal ke jurang atau jatuh dengan keras, plastik sama sekali tidak pecah, hanya tergores sedikit saja. Plastik CRF 150F sangat lentur tapi kuat.

Kelebihan dari CRRF 150F adalah perawatan motornya yang sangat murah dan mudah. Perawatan hanya cukup rutin mengganti olie mesin dan membersihkan filter udara saja. Setahun sekali motor dibersihkan karburatornya. Selama 2 tahun memakai CRF 150F, komponen yang sudah diganti oleh Made Astuti adalah hanya ban, busi dan accu. Sedangkan komponen lainnya masih original alias belum perlu diganti.

Honda CRF 150F adalah pilihan tepat untuk penggemar offfroad yang ketinggian badannya tidak sampai 165 cm dan mendambakan motor offroad yang minim perawatan. Honda CRF 150F terbukti handal dan tangguh untuk dipakai di medan offfroad!

SPESIFIKASI CRF 150F PUNYA MADE ASTUTI:

Tipe dan mesin: Honda CRF 150F, 150cc, 4 strokes
Ring ban belakang/depan: 16/19
Ban depan belakang: Kenda
Stang: Renthal
Handguard; Acerbis rally pro
Lampu: Acerbis DHH
Busi: TDR
Silencer knalpot: AHRS