Senin, 08 November 2010

PERANCIS MENDOMINASI KEJUARAAN ISDE 2010 MEXICO





Kejuaran enduro kelas dunia bertajuk the 2010 FIM International Six Days Enduro (ISDE) sampai hari terakhir didominasi oleh pembalap dari Perancis. Hebatnya lagi tim Perancis di event ISDE yang diadakan di Mexico ini menyabet juara di sektor pria dan juga wanita. Posisi kedua ditempati oleh tim dari Negara Italy, sedangkan posisi ketiga diraih tim Finlandia. Di ajang ISDE sebelumnya yaitu tahun 2006 yang diadakan di Selandia Baru, juara pertama direbut oleh tim Finlandia.

ISDE untuk pertama kalinya diadakan di Inggris pada tahun 1913. Event enduro ini memang tergolong event tertua yang masuk kalender FIM. ISDE 2010 diikuti lebh dari 350 pembalap yang berasal dari 30 negara. Event ini memang sangat kental nuansa persaingan antar Negara, karena peserta membawa bendera Negara, bukan bendera motor atau pabrikan.

Sampai hari kelima ISDE 2010 yang dianggap sebagai hasil final karena hari ke-6 dibatalkan, susunan pemenangnya adalah sebagai berikut:
Juara I, tim Perancis, yang terdiri dari:
- Johnny Aubert (KTM) E2
- Nicolas Deparrois (Kawasaki) E2
- Sebastian Guillaume (Husqvarna) E3
- Antoine Meo (Husqvarna) E1
- Rodrig Thain (TM) E2
- Chistope Nambotin (Gas Gas) E3
Juara 2 tim Italia yang terdiri dari:
- Alex Salvini (Husqvarna) E1
- Alessandro Belometti (KTM) E3
- Thomas Oldrati (KTM) E2
- Manuel Monni (Yamaha) E2
- Simone Albergone (KTM) E3
- Alessandro Botturi (Husaberg) E3
Juara 3 tim Finlandia yang terdiri dari:
- Eero Remes (KTM) E1
- Jari Mattila (Honda) E1
- Juha Salminen (Husqvarna) E2
- Marko T (Husqvarna) E2
- Oskari kantonen (KTM) E2
- Valteri Salonen (Husaberg) E3

Untuk sektor wanita juara 1 juga diraih oleh tim Perancis yang terdiri dari Blandine Dufrene (Gas Gas), Audrey Rossat (Gas Gas) dan Ludvine Pully (Gas Gas). Sedangkan juara 2 diraih oleh tim USA yang terdiri dari Keerie Swartz (KTM), Nicole Bradford (KTM) dan Amanda Mastin (Yamaha). Tim wanita Swedia memboyong juara 3 dengan tim yang terdiri dari Camilla Mitkiewicz (KTM), Vanja Kollman (KTM) dan Jessika Jonsson (KTM).

Kalau dilihat sebagai individu (bukan tim Negara) maka untuk hasil final hari ke-5 ISDE 2010 adalah sebagai berikut (urutan pertama hingga 3):

Kelas E1 (250 cc): Antoine Meo (Husqvarna), Eero remes (KTM) dan Alex Salvini (Husqvarna)

Kelas E2 (450 cc); Johnny Aubert (KTM), Juha Salminen (Husqvarna), dan Thomas Oldrati (KTM)

Kelas E3 (500 cc): Sebastian G (Husqvarna), Oreaol Mena (Husaberg) dan Chistope Nambotin (Gas Gas)

Motor mana yang banyak dipakai para juara ISDE 2010?

Meskipun ISDE lebih banyak membawa nama Negara, bukan nama pabrikan motor, namun tetap menarik untuk disimak motor mana yang paling banyak dipakai para jawara enduro kelas dunia itu. Tapi yang perlu juga diingat adalah faktor joki alias pembalap memegang vital dalam meraih podium tertinggi, selain perfoma motor tentunya.

Kalau dilihat dari juara kategori utama (world trophy) untuk kelas pria dan wanita, maka urutan motor yang dipakai para juara tersebut adalah sebagai berikut: KTM (11 joki), Husqvarna (5 joki), Gas Gas (4 joki), Husaberg (2 joki), Yamaha (2 joki) dan masing-masing 1 joki untuk Kawasaki, Honda dan TM.

Hal yang menarik adalah di kelas wanita yang untuk tim Perancis semuanya memakai merk Gas Gas. Motor ini terbilang langka untuk Indonesia, yang ada sih merk Gas Gaz yang buatan China. Sedangkan Gas Gas adalah pabrikan asal Spanyol. Kalau tim wanita Perancis memilih Gas Gas sebagai pacuannya, tim wanita Swedia semuanya memilih memakai KTM.

(sumber: http://www.isde2010.com)